Senin, 14 Mei 2012

4 Konsumen Jadi Tester Pulsar 200NS di Indonesia


PT Bajaj Auto Indonesia (BAI) buka-bukaan soal aktifitasnya melakukan pengetesan Bajaj Pulsar 200NS di Indonesia. Rizal Tandju, Event & PR Manager PT BAI menjelaskan beberapa langkah yang dilakukan pihaknya dalam mempersiapkan motor sport naked 200 cc ini.

Selain dilakukan pengetesan oleh pihak internal PT BAI, Pulsar 200NS juga dipinjamkan kepada konsumen. "Totalnya ada empat motor yang disebar ke beberapa kota," ungkap pria ramah ini.

"Konsumen kita seleksi yang memiliki mobilitas tinggi. Kebetulan beberapa yang terpilih adalah rekan dari klub Pulsar," lanjutnya. Kota-kota yang dipilih ada Jakarta dan beberapa kota di luar Jakarta.

"Di Jakarta untuk merasakan keadaan saat macet, sedang yang luar kota untuk mendapatkan data di jalanan yang relatif lebih lancar," jelas pria berkaca mata ini. Pengetesan ini sendiri dilakukan dengan pengawasan langsung dari tim teknis Bajaj Auto India.  

Langkah ini merupakan lanjutan dari pengajuan uji tipe ke Direktorat Industri Alat Transportasi Darat, Kementerian Perindustrian beberapa waktu lalu. Sebelum nantinya benar-benar dipasarkan pada akhir tahun 2012.

Di India produksi Bajaj Pulsar 200 NS baru akan mulai bulan April. Empat bulan pertama biasanya untuk memenuhi kebutuhan lokal terlebih dahulu. Baru kemudian untuk pasar luar negeri termasuk Indonesia.

Selain desain yang benar-benar baru, Bajaj Pulsar terbaru ini punya mesin anyar. Mengusung teknologi dari KTM Austria, tenaganya diklaim tembus 23,52 PS di 9.500 rpm dan torsinya 18,3 Nm pada 8.000 rpm.

Mesin yang kabarnya masih mirip dengan KTM Duke 200 ini memiliki satu silinder berpendingin air. Konstruksi kepala silindernya masih SOHC, dengan empat klep dengan mekanisme pengoperasian mirip Yamaha V-Ixion. Satu rocker arm langsung mendorong dua klep sekaligus.

Suplai bahan bakar yang deras dari karburator UCD 33 mm yang masuk ke ruang bakar langsung dipantik oleh tiga busi sekaligus. Teknologi tiga busi ini kabarnya mampu membuat konsumsi bahan bakar Pulsar 200 NS ini lebih hemat.

Uniknya, desain knalpot pada motor ini juga serupa dengan KTM Duke 200. Tidak lagi menjulang di samping, tapi kini sembunyi di kolong. Lebih simpel karena pemandangan jadi tertuju ke desain peleknya yang menarik sekaligus hugger dan disk brake belakang.

Bajaj mengklam motor ini memiliki max speed hingga 136 Km/jam. Sedang untuk akselerasi dari diam hingga 60 km/jam hanya butuh waktu 3,61 detik. Dan akselerasi 0-100 km/jam bisa diraih dalam 9,83 detik.

0 komentar:

Poskan Komentar