Selasa, 05 Juli 2011

lepas Pair spin

Lepas PAIR Suzuki Spin 125

Suzuki Spin dilengkapi PAIR (Pulsed Secondary Air Injection System). Fungsinya  menginjeksikan udara segar dari filter udara menuju lubang buang. Jadinya mengurangi kepekatan gas buang. Bikin mesin jadi ramah lingkungan.

Namun seiring umur pemakaian malah jadi tidak maksimal. Seperti yang dialami Wahyudi, pemilik Spin 2007. “Saat tutup gas, knalpot cenderung nembak-nembak malah pernah mesin jadi susah dihidupkan,” jelas pria tinggal di Cinere, Depok.  

“Akibat saluran kotor dan membran PAIR sudah renggang,” yakin Aris  dari BJ Speed di Krukut, Depok yang kerap menemui masalah ini pada Spin.

 Kondisi ini juga, menurut Aris meyebabkan konsumsi bensin jadi lebih boros. “Solusi aman PAIR harus dilepas,” tambah mekanik jangkung yang menyakinkan kalau lepas PAIR tidak pengaruh terhadap kinerja mesin.

Untuk melepas PAIR ada beberapa tahapan. Tahap awal lepas slang yang berhubungan dengan intake karburator. Setelah itu lepas slang yang nempel di vacuum reed valve atau membran di tutup kepala silinder.

 Eits masih belum kelar. Ada beberapa tahapan lagi yang harus dilakukan. Tutup lubang pada intake manifold tadi dengan slang kecil yang sudah dipampet baut. Selanjutnya akali vacuum reed valve tadi biar tidak berfungsi lagi.

Lanjut! “Berikutnya mepas rumah membran dengan obeng kembang. Selanjutnya balik posisi bagian bilah membran agar kondisinya rapat sehingga tidak ada udara dari luar masuk,” tegas Aris yang memastikan kalau langkah ini akan bikin konsumsi bahan bakar Spin jadi lebih irit.

0 komentar:

Poskan Komentar