Selasa, 05 Juli 2011

anting yamaha nouvo

Pasang Anting Sokbreker Di Yamaha Nouvo

OTOMOTIFNET - Betul kata orang, punya motor itu harus disesuaikan sama yang punya dong. Apalagi kalo udah ngomongin soal postur tubuh. Sebab kalo enggak, urusannya berabe. Kayak dialami Susanto yang berpostur imut (tinggi 158 cm), agak ribet saat naik Yamaha Nouvo 2004-nya.

Ujung-ujungnya, warga Cijantung, Jaktim ini kudu berjinjit tiap kali antre di lampu merah. “Iya. Sebab cuma ujung jari kaki saya yang napak aspal,” bilang pehobi salad Betawi alias gado-gado ini. Enggak cuma bikin pegal, tapi juga merusak ujung sepatunya (kan selalu tertekuk).

Maklum, selain faktor P alias postur, tentu lantaran skutik Nouvo emang lebih tinggi dari matik Yamaha yang lain (diameter roda 16 inci). Eh, tapi enggak usah bingung. Semua pasti ada solusinya, kok. Yakni, ya diseting ulang dong, tinggi motor itu.

Gbr 1

Gbr 2

Gbr 3
Apa, caranya? Gampang, Bro! “Sokbreker belakangnya dipendekin dengan mengaplikasi anting sokbreker (AS) aftermarker yang diformulasi untuk skutik itu (gbr.1),” saran Berry, pemilik toko aksesori B-Moto Matic (BMB) di Jl. Kali Sari, Cijantung, Jaktim.

Lho, kok? Iya, karena dengan memakai AS, besutan skutiker akan lebih pendek 5 cm dari standarnya.  “Selain itu, posisi sokbreker yang sudah dipasang AS akan lebih miring sekitar 60 derajat. Selain kuat numpu beban, buat diajak jalan harian, handling tetap oke kok,” tambahnya. 

Bahan AS itu dari aluminium. Nah, buat yang mau bawa pulang, peranti itu dibanderol Rp 400 ribu. “Harga itu dapat AS dua buah, karena sokbreker belakang Nouvo kan double, kayak bebek atau sport,” papar pria yang sudah menggeluti usahanya selama 4 tahun ini.

Mau ikut pasang? Oke, sekarang kita lihat Berry yuk,  memasang di motor Susanto. Sebelum dibongkar siapkan dulu perkakas yang dibutuhkan; kunci T-8 dan kunci ring ukuran 14.

Pertama, buka dulu baut cover atas CVT. Baut pengikatnya ukuran 8, jadi gunakan kunci T-8 (gbr.2). “Itu biar mudah saat melepas baut sokbrekernya,” jabar Berry. Kalau sudah baru buka baut pengunci sokbrekernya dengan kunci ring ukuran 14 (gbr.3). Kalo agak ribet, minta bantuan teman untuk menahan batang sokbrekernya agar tidak melenting, ya.

Sudah bisa lepas? Pasang satu-satu AS-nya. Boleh kanan dulu atau kiri dulu, terserah mana yang Anda anggap lebih enak aja, hehehe. Satukan lagi baut pengunci di dudukannya, gunakan kunci yang sama saat melepas tadi.

Satu beres, lanjutkan pemasangan anting sokbreker yang satunya lagi. Kencangkan bautnya juga, beres deh. Gampang, kan? Sekarang posisi sokbreker belakang Nouvo Susanto jadi lebih pendek. Alhasil kaki dia bisa nyentuh aspal dan ujung sepatunya enggak rusak!

Penulis/Foto: Jotos / Jotos

0 komentar:

Poskan Komentar