Senin, 19 September 2011

Yamaha V-Ixion yang Bikin Susah Ngomong


 
Coba apa kesan pertama ketika melihat motor ini. Pasti banyak yang berkomentar tampilannya mencengangkan alias ajaib. Dengan perubahan bentuk bodi yang sudah jauh berbeda dari standar ditambah penempelan 'atribut' yang terkesan ramai.

Yamaha V-ixion ini coba dihadirkan dengan konsep GP Style. Setidaknya itulah yang dituliskan oleh sang modifikator di data modifikasi yang diserahkan ke panitia saat berlangsung event IRC-MOTOR Plus Modification Contezt 2011, Agustus yang baru lalu.

"Kami buat bodinya menjadi full fairing dan berkesan balap," buka Hanif 'Hans' Baitullah, juragan Han's Custom. Selain itu kaki-kaki juga coba dibuat lebih besar untuk menunjang maksud tadi.

Tapi sayang, untuk urusan bodi ini rupanya Hans kurang memperhatikan dimensi. Selain terkesan kebesaran posisi jok yang rata juga membuat bentuk motor menjadi aneh. Mungkin jika dibuat lebih nungging akan sedikit pas.

Selain itu fairing yang sudah full tertutup baik depan maupun samping ini akan lebih gampang membuat mesin panas. Kisi-kisi atau lubang angin yang disediakan masih terlalu kurang.

"Untuk kaki-kaki dibuat sendiri, misalnya arm dan sok depan. Kalau beli barang jadi kurang seninya," lanjut pemilik bengkel dari Baranang Siang, Bogor.

Bentuk lengan ayun yang dibuatnya konon meniru moge CBR 600. Tapi sayang sekali pengerjaanya kurang detail sehingga terlihat kotak begitu saja. Begitu juga dengan sok depan yang diperbesar dengan teknik pemasangan kondom. 

Hal yang paling menakjubkan lagi adalah banyaknya tulisan di bodi motor. Mulai dari logo MotoGP sampai full injection yang menandakan ini V-ixion. Tapi sory, kalau stiker Damai Itu Indah rasanya lebih pas di pinggir jalan ketimbang di bodi motor!  Tapi, karya seni harus dihormati. Karena selera orang beda-beda.

 DATA MODIFIKASI
Ban depan: FDR 130/70-17
Ban belakang: Battlax 190/55-17
Pelek: Variasi
Disc brake: PSM

0 komentar:

Poskan Komentar