Senin, 03 Desember 2012

Yamaha Luncurkan Lima Asesoris V-Ixion Lightning


Yamaha Luncurkan Lima Asesoris V-Ixion Lightning
V-Ixion Lightning, produk motor sport teranyar Yamaha punya lima asesoris yang membuat penampilannya kian memikat. Detailnya yaitu Single Seater, Short Rear Fender, Cover Tandem Bracket, Under Crowl dan Radiator Cover.
Secara keseluruhan kualitas asesoris ini high quality material (bahan berkualitas sama seperti standar material motor Yamaha), easy installation (pemasangan yang mudah), affordable price (harga terjangkau karena bisa dibeli secara terpisah) serta modelnya sporty dan stylish karena mengacu pada motor sport.
Harga asesoris tersebut telah ditetapkan bagi konsumen. Single Seater Rp 300.000, Short Rear Fender Rp 125.000, Cover Tandem Bracket Rp 100.000, Under Crowl Rp 250.000 dan Radiator Cover Rp 125.000.
Single seater berfungsi untuk menutup jok bagian belakang yang tidak terpakai agar terlihat lebih padat dan sporty. Penampilannya dirancang seperti single seater motor M1 yang digunakan Yamaha di MotoGP. Pemasangan single seater V-Ixion Lightning praktis dan tidak merusak jok motor. Asesoris ini adalah new fresh look untuk V-Ixion Lightning.
Short rear fender dan cover tandem bracket fungsinya sama menambah penampilan sporty dengan desain aerodinamis. Under crowl melindungi area mesin motor. Sedangkan radiator cover untuk melindungi area radiator.

Jorge Lorenzo Jadi Instruktur Yamaha Riding Academy


Jorge Lorenzo Jadi Instruktur Yamaha Riding Academy
SENTUL Yamaha Riding Academy (YRA) diadakan lagi selama empat hari, 29 Oktober sampai 1 November di sirkuit Gokart Sentul dan Cibinong dirt track. Istimewanya YRA kali ini, 20 pesertanya ikut fun ride dan coaching clinic bersama Jorge Lorenzo.
Pembalap tim MotoGP Yamaha, Yamaha Factory Racing, itu akan membagi ilmunya buat 20 pembalap Yamaha usia U-17 yang merupakan pembalap - pembalap pemula dari daerah namun berprestasi nasional. ”Pembalap - pembalap muda ini adalah calon - calon penerus Jorge Lorenzo. Mereka punya mimpi ingin seperti Lorenzo jadi kami memberikan kesempatan emas bertemu dan mendapatkan ilmu dari dia. Selain itu ada instruktur - instruktur berpengalaman yang membagikan ilmu teori dan praktek sebagai bahan pelatihan dan pembibitan pembalap muda di YRA,” jelas Supriyanto, Manajer Motorsport Yamaha Indonesia.
Salah satu peserta YRA yang hadir adalah Tammy Pratama dari Jawa Barat yang tahun ini menjuarai Motoprix kelas MP3 (Bebek 4 Tak 125 cc Tune Up Pemula) dan MP2 (Bebek 4 Tak 110 cc Tune Up Pemula). Yang juga cukup dikenal Agung Didu, peserta termuda YRA usianya 9 tahun. Agung berdarah Makassar dan tampil di Yamaha Cup Race (YRA) dan Motoprix.
20 peserta YRA menggunakan V-Ixion dan Yamaha TTR 125R. Mereka mendapatkan pelatihan praktek dan pengetahuan teori yang diajarkan enam instruktur Indonesia. Tiga pembalap Supersport Yamaha, Doni Tata, Dimas Ekky dan Rafid Topan. Johnny Pranata sebagai instruktor pelatihan motorcross, motivator Dimas Prast dan pelatihan fisik oleh Gandung Darmoko.
Materi yang diajarkan dalam YRA kali ini meliputi pengenalan karakteristik sirkuit permanen menggunakan sportbike, untuk mengetahui tingkat kebugaran fisik pembalap, rolling speed, teknik start dan simulasi race. Sementara untuk materi basic dasar motocross  diantaranya basic dasar motocross (riding position, handling dan sliding, dirt track contest (short track dan long track) serta mini dirt race  (clockwise dan counter clockwise).
Termasuk pengenalan karakteristik sirkuit permanen ; mengetahui tingkat kebugaran fisik pembalap, rolling speed , QTT dan simulasi race ; semua materi yang berhubungan dengan dunia balap, mulai racing management, gizi dan nutrisi, communications skill dan product knowledge.
Diajarkan juga materi basic dasar motocross dengan bahan ajaran pengetahuan mengenai  beberapa teknik dasar dirtbike di antaranya basic dasar motocross yaitu riding position, handling dan sliding ; dirt track contest meliputi short track dan long track ; mini dirt race  (clockwise dan counter clockwise).

Hadi Wijaya Juara Asia, Dimas Ekky Masih Terbaik


Hadi Wijaya Juara Asia, Dimas Ekky Masih Terbaik
TAIWAN Hadi Wijaya mengharumkan nama Indonesia di ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) 2012. Pembalap Yamaha Yamalube KYT R9 Tunggal Jaya menjadi juara Asia 2012 kelas Underbone 115 cc ARRC meskipun masih satu seri tersisa.
Penampilannya yang konsisten terbayar dengan trofi juara kelas ini untuk kali kedua dalam karirnya. Pencapaian Hadi ini adalah sejarah dimana dia menjadi pembalap pertama yang dua kali menjuarai kelas Underbone 115 cc. Poin 208 di puncak klasemen setelah lima seri berjalan, cukup mengantarkan Hadi sebagai jawara. Di seri kelima di Pen Bay International Circuit, Minggu (15 Oktober), Hadi menambah 32 poin dari hasil finis terdepan di race 1 dan kelima di race 2. Catatan waktunya 23 menit 46,084 detik di race 1 terpaut jauh 0,366 detik di depan pembalap Malaysia, Ahmad Afif Amran, (CKJ Yamaha Racing). Namun di race 2 Hadi hanya ada di posisi kelima.
”Saya sangat bahagia menjuarai kelas Underbone 115 cc lagi. Saya tidak menyangka bisa merampungkan misi juara secepat ini karena Pen Bay sirkuit baru di kalender. Terima kasih untuk Yamaha, mekanik-mekanik yang membuat set up motor dengan baik dan terima kasih juga buat para sponsor,” ungkap Hadi yang mengenakan kaus putih bertuliskan Although it is difficult... I can still win and retain the Asia title back again (Walaupun sulit...saya tetap bisa menang dan menguasai titel Asia kembali).
Dimas Pembalap Indonesia Terbaik di Supersport 600 ccSementara, di kelas Supersport 600 cc ARRC, Dimas Ekky Pratama masih menjadi pembalap Indonesia terbaik di klasemen sementara. Pembalap Yamaha Indoprom TJM Yamalube KYT itu tetap ada di urutan keenam mengemas 68 poin. Di seri kelima, Dimas finis di posisi delapan race 1 dan race 2. Sedangkan Rafid Topan yang kembali tampil setelah absen di seri keempat karena mengikuti balap motor Pekan Olahraga Nasional (PON), finis ke-9 di race 1 dan race 2. Topan sementara ada di peringkat 16 klasemen.
”Dimas salah satu pembalap Yamaha Indoprom TJM Yamalube yang mempu bertahan di posisi enam setelah seri kelima. Pertarungan sangat ketat terutama dengan rider Jepang dan Malaysia. ARRC ternyata diminati juga Ryuichi Kiyonari dan Katsuaki Fujiwara, dua rider Jepang yang merupakan rider kelas dunia karena pernah ikut World Superbike,” beber Bambang Asmarabudi, owner tim Yamaha Indoprom TJM Yamalube.
Di seri kelima ini Doni Tata yang membela tim Yamaha Indoprom TJM Yamalube KYT absen karena difokuskan untuk menjuarai Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Supersport.
Hasil Seri Ke-5 Supersport 600 cc

Mio J Sporty, Dinamis dan Enerjik


Mio J Sporty, Dinamis dan Enerjik
JAKARTA - Matik nomor satu Yamaha, Mio J, tampil dengan varian baru Mio J Sporty dengan grafis istimewa dan tiga warna. Dynamic energizing, extraordinary dan brave jadi tema utama tampilan Mio J spesial ini.
Mio J Sporty ini melengkapi tiga varian sebelumnya yang sudah terlebih dahulu hadir sesuai gaya dan karakter masing-masing yaitu Mio J Teen, Mio J Family dan Mio J Blackseries. Untuk Mio J Sporty, Yamaha meluncurkannya dengan velg racing. Inovasi terbaru Yamaha ini tampil dengan grafis yang lebih dynamic dimana pengendaranya dapat merasakan enerji dan spirit layaknya tarian break dance. Irama enerjik inilah yang dirasakan saat mengendarai Mio JSporty anyar ini.
Grafis Mio J Sporty letaknya sama dengan yang sebelumnya, tapi bentuknya lebih padat dan berisi dengan aksen-aksen menarik. Desainnya dapat dilihat pada bodi belakang, spack board, leg shield dan head lamp.
Warna yang tersedia ada tiga yaitu hitam, merah dan putih sebagai hero bike. Tiga warna itu dikombinasikan dengan warna hitam. Dengan warna-warna yang menjual di pasar ini, Yamaha optimis dapat diterima baik oleh konsumen. ”Mio J Sporty ini diharapkan semakin memperkuat dan mendongkrak penjualan. Dengan teknologi mesin injeksi, kualitas Mio J sudah terbukti meningkatkan performa mesin dan hemat bahan bakar sampai 30 persen. Sesuai tagline Semakin Cepat Semakin Irit...It’s Magic,” jelas Indra Dwi Sunda, PR Corporate & Communication Head Yamaha Indonesia.
Harga Mio J Sporty Rp 12.900.000. Spesifikasi mesinnya sama dengan varian Mio J sebelumnya menggunakan tipe mesin 4-langkah, 2 valve, SOHC, berpendingin kipas dan berkapasitas 113 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 7,75 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 rpm.
Sebagai informasi, Mio J merupakan motor terlaris Yamaha dengan penjualan 60.401 unit sejak Februari hingga September 2012. Diperoleh dari tingginya penjualan Mio J CW FI Teen sebanyak 43.400 unit ditambah Mio J FI 2.446 unit dan Mio J CW FI 14.555 unit. Larisnya penjualan Mio J ditambah Soul GT 28.220 unit Jupiter Z1 20.431 unit dan V-Ixion 34.454 unit di September 2012, menjadikan motor-motor injeksi Yamaha berkontribusi 69 persen untuk total penjualan 208.849 unit.

Facebook Yamaha Indonesia Capai Lebih dari 2 Juta Fans


Facebook Yamaha Indonesia Capai Lebih dari 2 Juta Fans
JAKARTA - Yamaha dianugerahi tiga penghargaan Social Media Achievement Award untuk Mio, V-Ixion dan Jupiter. Prestasi ini semakin mengukuhkan kiprah Yamaha di social media yang juga telah mengukuhkan lebih dari 2 juta fans di Facebook korporat Yamaha Motor Indonesia.
Social Media Achievement Award diberikan untuk Mio di kategori sepeda motor matik, V-Ixion kategori sepeda motor sport dan Jupiter kategori sepeda motor bebek. Mio, V-Ixion dan Jupiter sudah sering memperoleh penghargaan atas kualitasnya. Dan khusus Social Media Achievement Award artinya Mio, V-Ixion dan Jupiter kerap dibicarakan kualitasnya yang baik di media sosial.
Tahun ini adalah tahun ke-2 Social Media Achievement Award digelar hasil kerjasama Majalah Marketing dan Frontier Consulting Group. Ada 114 kategori industri yang diteliti dengan lebih dari 700 merek. Teknisnya, award ini berdasarkan riset percakapan di social media di Indonesia. Data percakapan diperoleh dengan menggunakan social media monitoring platform (Media Wave). Media Wave memonitoring percakapan konsumen di Facebook, Twitter, news, blog, forum dan video. Data dari MediaWave lalu dianalisis Frontier untuk mendapatkan daftar merek - merek saat ini yang punya pangsa pasar dan sentimen pembicaraan yang baik di media sosial.
”Eksistensi Yamaha di social media semakin diakui dengan penghargaan ini. Apalagi ditambah untuk Facebook korporat Yamaha Motor Indonesia yang sudah mencapai 2.457.542 fans. Twitter @YamahaIndonesia pun tumbuh pesat dengan 54.432 followers,” beber Indra Dwi Sunda, PR Corporate & Communication Head Yamaha Indonesia.

Chain Lube, Produk Cairan Rantai Pertama Yamalube


Chain Lube, Produk Cairan Rantai Pertama Yamalube
Chain Lube adalah cairan rantai yang berfungsi membantu pelumasan rantai. Caranya dengan melumasi rantai agar tetap lancar dan tidak seret, melindungi dari karat dan menjaga performa rantai tetap stabil baik dalam putaran rendah maupun tinggi.
Ini adalah produk pertama Yamaha untuk cairan rantai. Yamalube mengeluarkan Chain Lube untuk menjaga performa motor tetap prima karena rantai motor bagian penting dari motor. Harganya Rp 20.000.
Pemeriksaan rantai saat operasional sesuai standar Yamaha : Apakah rantai sudah sesuai dengan sprocketnya, apakah sambungan rantai dalam keadaan normal, apakah simpangan rantai normal, apakah cover rantai bersentuhan dengan rantainya, apakah pelumasan rantai sudah cukup, apakah ada suara yang tidak normal
Perlunya pelumasan untuk memperkecil keausan dari pin dan bush, menurunkan kehilangan tenaga, mendinginkan dan meredam beban kejut, membuat operasi menjadi halus dan umur yang panjang dan rantai. Pemilihan pelumas disarankan memakai mineral oil yang baik dari kestabilan, kualitas terhadap adanya bahan kimia cukup baik. Dapat menggunakan oli atau pelumas SAE 90 atau SAE 40 – SAE 50. Pelumasan yang terbaik adalah dengan merendam rantai pada grease / gemuk yang sudah direbus pada temperatur tdk lebih dari 170 derajat Celcius.
Daerah pelumasan motor ada diantara Pin dan Bush (pelumasan disini akan memperkecil terjadinya kemuluran rantai). Dan diantara Bush dan Roller ( pelumasan di sini akan mencegah keausan dari bush dan roller sehingga akan memperkecil bunyi disaat pengoperasian rantai).

Fitur HI Bro New V-Ixion Lightning Telah Mendunia


Fitur HI Bro New V-Ixion Lightning Telah Mendunia
JAKARTA - Inovasi Yamaha terbukti selalu yang terdepan. Fitur sapaan HI Bro New V-Ixion Lightning yang muncul pada speedometer saat mesin motor dinyalakan, menjadi trending topic worldwide Twitter, Rabu (21 November).
Trending topic worldwide ini berarti HI Bro New V-Ixion Lightning paling banyak dibicarakan sedunia di Twitter. Prestasi ini tentunya sangat membanggakan Yamaha karena publik dunia pun mengenal dan menaruh perhatian terhadap fitur sapaan unik pada speedometer New V-Ixion Lightning. Masyarakat Indonesia pun sudah mengenal HI Bro sebagai fitur sapaan pada speedometer motor yang pertama di Indonesia.
Pencapaian prestisius ini sangat layak didapatkan Yamaha yang memiliki basis kuat di social media. Trending topic ini pun adalah hasil dari aktivasi social media Yamaha untuk memperkenalkan fitur teranyar HI Bro. Dan ternyata animo pengguna Twitter sangat luar biasa.
”Kami mengganggap social media sebagai salah satu bagian strategis dari promosi perusahaan dan investasi masa depan. Karena social media adalah salah satu media yang mempunyai prospek yang sangat baik untuk masa yang akan datang. Trending topic HI Bro ini adalah bukti Yamaha nomor satu di social media,” ungkap Eko Prabowo, General Manager Marketing Communication & Community Management Yamaha Indonesia.
Bertepatan dengan trending topic HI Bro di Twitter hari ini, Facebook Yamaha Indonesia (www.facebook.com/yamaholigan) pun mencetak fans sebanyak 2,6 juta dan tetap menjadi yang terbaik di Indonesia menurut zocialrank.com. zocialrank.com adalah situs yang mendata ranking dari brand-brand di social media berdasarkan partisipasi konsumen.
Selain Facebook, data social media Yamaha Indonesia lainnya mencatat telah mencapai 58.565 followers Twitter @YamahaIndonesia, views 622.208 youtube.com/yamahamotorindonesia. Prestasi social media Yamaha juga mendapatkan pengakuan sebagai yang terbaik lewat Digital Marketing Award (2010 dan 2011) dan Social Media Achievement Award (2011 dan 2012).

Fitriansyah Kete Sempurnakan Dominasi Yamaha di IP2 110 cc Indoprix


Fitriansyah Kete Sempurnakan Dominasi Yamaha di IP2 110 cc Indoprix
BINUANG - Yamaha menyempurnakan dominasi di kelas IP2 (110 cc) Indoprix. Setelah Rafid Topan memastikan gelar untuk Yamaha di seri keempat, giliran Fitriansyah Kete memenangi seri pamungkas di sirkuit Balipat Binuang, Minggu (11 November).
Fitriansyah Kete menguasai dua race tanpa tersentuh lawan-lawannya. Di race 1 Kete mencetak waktu terbaik 25 menit 56,466 detik. Beda 3,319 detik di depan Anggi Permana dan 5,375 detik dengan Denny Triyugo di posisi ketiga. Di race 2 Kete semakin mempertajam jarak sampai 8,161 detik mengungguli H.A.Yudhistira di depannya.
Kemenangan di Balipat menempatkan Kete di peringkat keempat klasemen akhir IP2. Peringkat teratas Rafid Topan yang sudah memastikan juara di seri keempat. Posisi kedua H.A.Yudhistira dan ketiga Sudarmono. Yamaha lima tahun beruntun jadi juara umum kelas IP2 (2008 hingga 2012).
Sementara di kelas IP1 (125 cc), H.A.Yudhistira jadi juara umum setelah mengumpulkan 120 poin dari hasil finis kedua di race 1 dan terdepan di race 2. Sigit PD di posisi kedua dan ketiga Denny Triyugo. Saat race Sigit kurang maksimal karena kondisi badan tidak fit meskipun berpeluang besar juara karena menempati pole position.
"Sukses gelar Yamaha di IP1 dan runner up IP2 menunjukkan keperkasaan Yamaha di ajang tertinggi road race nasional. Yang merupakan buah dari pembinaan  berjenjang dan tempaan matang. Hasilnya prestasi emas yang ditorehkan pembalap-pembalap Yamaha saat menggapai puncak kompetisi nasional seperti Indoprix," papar Supriyanto, Manajer Motorsport Yamaha Indonesia.
Hasil IP1 (125 cc) Seri Terakhir Indoprix 2012
  1. Denny Triyugo (Astra Motor Racing Team) 38 poin
  2. H. A. Yudhistira (Kawasaki KYT ELF IRC Rextor Manual Tech) 36 poin
  3. Irwan Ardiansyah (Gandasari Nissin Pertamina INK) 27 poin
Hasil IP2 (110 cc) Seri Terakhir Indoprix 2012
  1. Fitriansyah Kete (NHK IRC Lanay Jaya) 50 poin
  2. Anggi Permana Putra (Yamaha Yamalube FDR KYT Trijaya) 36 poin
  3. H. A. Yudhistira (Kawasaki KYT ELF IRC Rextor Manual Tech) 28 poin
Klasemen Akhir Indoprix 2012
IP 125cc
  1. H. A. Yudhistira (Kawasaki KYT ELF IRC Rextor Manual Tech) 120 poin
  2. Sigit PD Yamaha (Yamalube TDR FDR Yonk Jaya) 104 poin
  3. Denny Triyugo (Astra Motor Racing Team) 103 poin
IP 110cc
  1. Rafid Topan Sucipto (Yamaha Yamalube Nissin KYT Tunggal Jaya) 141 poin
  2. H. A. Yudhistira (Kawasaki KYT ELF IRC Rextor Manual Tech) 117 poin
  3. Sudarmono (Yamaha Yamalube FDR KYT Trijaya) 95 poin

Yamaha Chain Lube dan Single Seater New Vixion Ikut Mendunia


JAKARTA - Yamaha kembali mencetak prestasi mendunia di sosial media melalui Twitter. Dalam sepekan, tiga produk dan parts Yamaha menjadi trending topic worldwide Twitter.
Setelah fitur HI Bro pada New Vixion menjadi trending topic worldwide Twitter di list pertama  pada 21 November lalu, dua produk Yamaha sparepart menyusul jadi topik pembicaraan terbanyak. Adalah Yamaha Chain Lube dan asesoris single seater New Vixion yang berhasil masuk list trending topic worldwide Twitter. Yamaha Chain Lube di posisi teratas pada 23 November dan single seater New Vixion di urutan keempat pada Selasa, 27 November.
”Overall kita bicara tentang produk dan parts Yamaha yang sudah dikenal dan diterima konsumen khususnya anak muda melalui social media. Dan pencapaian mendunia di Twitter semakin memperkuat eksistensi Yamaha di social media. Berangkat dari social media, pengaruhnya begitu kuat dan luas untuk imej positif Yamaha bagi masyarakat Indonesia dan khususnya lagi untuk konsumen loyal kami. Ini jelas menguntungkan juga dari sisi marketing dan komunikasi,” papar Indra Dwi Sunda, PR Corporate & Communication Head Yamaha Indonesia.
Sebagai informasi, single seater New Vixion berfungsi untuk menutup jok bagian belakang yang tidak terpakai agar terlihat lebih padat dan sporty. Penampilannya dirancang seperti single seater motor M1 yang digunakan Yamaha di MotoGP. Pemasangan single seater ini praktis dan tidak merusak jok motor. Asesoris ini adalah new fresh look untuk V-Ixion baru.
Sedangkan Chain Lube adalah cairan rantai yang berfungsi membantu pelumasan rantai. Caranya dengan melumasi rantai agar tetap lancar dan tidak seret, melindungi dari karat dan menjaga performa rantai tetap stabil baik dalam putaran rendah maupun tinggi. Ini adalah produk pertama Yamaha untuk cairan rantai. Yamalube mengeluarkan Chain Lube untuk menjaga performa motor tetap prima karena rantai motor bagian penting dari motor.
Untuk informasi social media, Facebook Yamaha Indonesia (www.facebook.com/yamaholigan) telah mencetak prestasi fantastis memiliki fans sebanyak 2,6 juta dan tetap menjadi yang terbaik di Indonesia menurut zocialrank.com. Zocialrank.com adalah situs yang mendata rangking dari brand-brand di social media berdasarkan partisipasi konsumen.
Selain Facebook, data social media Yamaha Indonesia lainnya mencatat telah mencapai 58.565 followers Twitter @YamahaIndonesia, views 622.208 youtube.com/yamahamotorindonesia. Prestasi social media Yamaha juga mendapatkan pengakuan sebagai yang terbaik lewat Digital Marketing Award (2010 dan 2011) dan Social Media Achievement Award (2011 dan 2012).

Balapan Malam Final Yamaha Cup Race Penentuan di Mandala Krida


Balapan Malam Final Yamaha Cup Race Penentuan di Mandala Krida
YOGYA - Di tahun ke-23 penyelenggaraan Yamaha Cup Race (YCR), tahun ini final YCR digelar dalam balapan malam di sirkuit Mandala Krida, Yogyakarta, Sabtu (1 Desember). Sebanyak 225 peserta akan bertarung di seri pamungkas ini yang juga menjadi penentuan tiket ke Yamaha Cup Race Asean.
Seri ke-8 atau penutup YCR 2012 dilaksanakan setelah berturut-turut digelar di Medan, Lampung, Tasikmalaya, Jember, Bangka, Makassar dan Tangerang. Diantara 8 seri ini, tiga kali diselenggarakan malam yaitu di Jember, Makassar dan Yogyakarta. Balapan malam selalu mendapatkan respon luar biasa meneruskan sukses Yamaha sejak YCR malam perdana di Bandung tahun lalu.
Di final YCR tahun ini, akan dilombakan 6 kelas dengan finalis terbanyak 25 pembalap dari Jawa sebagai area regular kompetisi ini. Dan Yogyakarta sebagai tuan rumah diberikan kesempatan khusus mengikutsertakan maksimal 150 pembalap. Sedangkan 10 pembalap masing-masing mewakili Medan, Bangka, Lampung, Bali dan Makassar.
Adapun kelas yang dilombakan di final YCR 2012 ada 6 kelas yakni Underbone Tune Up 125 cc Seeded (MP1), Underbone Tune Up 115 cc Seeded (MP2), Underbone Tune Up 125 cc Pemula (MP3), Underbone Tune Up 115 cc Pemula (MP4), Underbone Standard 115 cc Pemula, Underbone Standard Show Room Z1 Open dan Matik Tune Up 130 cc Open.
"Di final Yamaha Cup Race ini para pembalap akan unjuk gigi untuk menjadi yang terbaik dan bersaing secara sportif. Final ini sekaligus menutup rangkaian seri Yamaha Cup Race musim ini. Secara keseluruhan event ini berjalan sukses dan sesuai misi Yamaha membina dan memunculkan bibit-bibit baru pembalap berprestasi," papar Supriyanto, Manajer Motorsport Yamaha Indonesia.
Kegiatan final YCR dimulai dengan pendaftaran pada Kamis (29 November), lalu free practice dan kualifikasi (Jumat 30 November) dan balap malam penentuan sang juara. Pertarungan seru bakal tersaji di dua kelas utama MP1 dan MP2. Uniknya dua kelas ini melibatkan pembalap-pembalap tuan rumah di papan atas klasemen. Agus Setiawan paling menonjol dengan posisinya di puncak klasemen MP1 dan MP2. Dia bersaing ketat dengan Anggi Permana (Tasikmalaya) dan Floarianus Roy (Yogyakarta) yang membuntuti di posisi kedua dan ketiga.
Di MP2, trio Yogya Agus Setiawan, Yoga Adi P dan Floarianus Roy berpeluang besar juara mengingat peringkat ketiganya pada tiga besar teratas tabel. Di MP3 dan MP4, pembalap Bandung Tamy Pratama paling diandalkan juara setelah berhasil menempati peringkat teratas klasemen.
Hasil Kualifikasi Final YCR YogyaDari hasil kualifikasi Jumat (30 November), pole position MP1 dikuasai Fernando Herdian disusul Sigit PD dan M.Zaki. Pimpinan klasemen sementara MP1, Agus Setiawan, akan start dati tempat kelima di belakang Anggi Permana. Sedangkan Florianus Roy di posisi 9. Sulung Giwa start terdepan di MP2 diikuti Herman Bas dan Sigit PD. Agus Setiawan yang memimpin klasemen MP2 kurang beruntung, hanya ada di peringkat 12. Yoga Adi ke-7 dan Florianus Roy start dari urutan 26. Hasil kualifikasi ini membuat persaingan kian seri karena trio Yogya Agus Setiawan, Yoga Adi dan Florianus Roy yang berurutan ada di posisi 1 sampai 3 klasemen, harus berjuang keras naik podium untuk menambah poin.
Dari hasil final ini akan didapatkan klasemen akhir YCR untuk menentukan 10 pembalap (5 seeded dan 5 pemula) yang berhak mewakili Yamaha Indonesia mengikuti Yamaha Asean Cup Race ke-9 awal Desember ini di Filipina.

Irvan Kurniadi Jawara Yamaha ITGP 2012


Irvan Kurniadi Jawara Yamaha ITGP 2012
YOGYA - Irvan Kurniadi terpilih sebagai jawara Yamaha Indonesian Technician Grand Prix (ITGP) 2012. Di final kontes nasional mekanik Yamaha ke-12 ini yang digelar Sabtu (1 Desember) di area sirkuit Mandala Krida, Yogyakarta, Irvan berhasil mengungguli lima finalis lainnya.
Teknisi dari bengkel Sentral Yamaha, Medan, itu mengaku sangat gembira dan memang optimis bisa menang. "Dengan dukungan orang tua juga saya yakin. Latihan juga serius dua bulan dan persiapan mental supaya tenang. Saat kompetisi dengan motor injeksi Yamaha lebih enak karena penggunaan Yamaha FI (Fuel Injection) software di komputer sehingga lebih mudah menganalisa kerusakan motor injeksi Yamaha," papar Irvan yang sudah bekerja sebagai teknisi Yamaha 1 tahun 10 bulan.
Prestasi ini membuatnya memiliki modal kuat untuk menjadi Service Advisor Yamaha dan mentor bagi teknisi lain. Dan tentunya kesempatan berkompetisi di Yamaha World Technician Grand Prix (WTGP) yang rutin dilaksanakan dua tahun sekali di Jepang.
Sementara itu, Agus Susanto, Chief of Service PT Alfa Scorpii (main dealer Yamaha di Medan), mengatakan Irvan dipersiapkan khusus dan lama untuk ikut ITGP 2012. "Dia sudah dipersiapkan untuk menjadi teknisi handal. Ini bukan proses instan tapi sudah dari tahun lalu dipersiapkan. Program YES (Yamaha Engineering School) turut membantu menempa teknisi-teknisi Yamaha sehingga berkualitas tinggi," jelas Agus.
Sebagai informasi, Yamaha Indonesia telah mengikuti WTGP sejak tahun 2003. Tahun ini teknisi Indonesia yaitu Sukrisna Beni asal Yogyakarta berhasil menjadi juara kedua WTGP. Sebelumnya di 2007, Dewa Putu Guna Wirawan teknisi asal Bali dan Djarot Imam Kristanto teknisi asal Klaten - Jawa Tengah berhasil menjadi juara pertama dan ketiga.
Hasil ITGP 2012 :Irvan Kurniadi - bengkel sentral yamaha - medan - Juara 1Kelik Cahyo Widiyanto - bengkel sumber baru motor ambarukmo - semarang - Juara 2Wandik Priyanto - bengkel siaga motor genteng - jember - Juara 3Muh Syarifudin - bengkel mataram sakti purwokerto - semarang (best theory)
Aulia Rahmandana - bengkel sentral yamaha - medan - (best practice)
Aris Dwi Prasetyo - bengkel armada pagora motor ngadiluwih - semarang - (favorit customer)

Yamaha Gelar Final Indonesian Technician Grand Prix 2012


Yamaha Gelar Final Indonesian Technician Grand Prix 2012
ITGP (INDONESIAN TECHNICIAN GRAND PRIX) merupakan ajang adu keterampilan dan kekayaan pengetahuan tentang produk-produk Yamaha khususnya sepeda motor. Ajang ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan motivasi para teknisi agar mereka mampu melayani kebutuhan konsumen. Khususnya teknologi Fuel Injection (FI) yang tengah berkembang di pasar Indonesia.
ITGP telah dilaksanakan sebanyak 11 kali dan tahun ini yang ke-12 dimana finalnya digelar di Mandala Krida Yogyakarta di hari yang sama dilaksanakannya final Yamaha Cup Race (YCR), Sabtu (1 Desember). ITGP 2012 telah dimulai sejak bulan Juni lalu dengan penyaringan tahap awal terhadap 11.500 teknisi Yamaha. Dari tahap awal itu terpilih 960 teknisi yang berkompetisi di tahap regional di masing-masing area. Lalu dihasilkan 48 teknisi terbaik untuk berkompetisi di tingkat nasional, 30 November – 2 Desember di Yogyakarta.
"Dari keberhasilan kontes ITGP telah melahirkan bibit unggul teknisi Yamaha di Indonesia, dan kebanggaan ini telah dilengkapi para teknisi Indonesia dengan memenangkan ajang kontes World Technician Grand Prix (WTGP) di Jepang. Hal ini merupakan pembuktian bahwa teknisi Yamaha Indonesia mampu sejajar dengan teknisi tingkat dunia," papaMangiring Siahaan, General Manager Service Yamaha Indonesia.
Indonesia telah mengikuti WTGP sejak tahun 2003. Tahun ini teknisi Indonesia yaitu Sukrisna Beni asal Yogyakarta berhasil menjadi juara kedua WTGP. Sebelumnya di 2007, Dewa Putu Guna Wirawan teknisi asal Bali dan Djarot Imam Kristanto teknisi asal Klaten - Jawa Tengah berhasil menjadi juara pertama dan ketiga.

Safety Riding Yamaha dan Forwot, Ingatkan Bahaya Penggunaan Earphone


Safety Riding Yamaha dan Forwot, Ingatkan Bahaya Penggunaan Earphone
Yamaha bekerjasama dengan Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) akan menggelar Forwot Safety Riding Road Show 2012. Kegiatan ini dilaksanakan di Lotte Mart Jalan Soekarno Hatta Bandung, Sabtu (10 November).
Yamaha menyiapkan 16 motor untuk digunakan dalam Safety Riding Road Show ini yang diikuti 50 partisipan perwakilan media dan komunitas. Dua unit motor diantaranya adalah New V-Ixion Lightning, motor teranyar Yamaha yang baru diluncurkan saat Jakarta Motorcycle Show (JMCS).
Partisipasi Yamaha dalam aktivitas positif Forwot ini merupakan bentuk dukungan terhadap keselamatan berkendara. Yamaha sendiri aktif dalam memberikan edukasi teori dan praktek safety riding yang memang menjadi bagian penting dalam agenda pembelajaran terhadap masyarakat. Terakhir, Yamaha ambil bagian memberikan edukasi teori dan praktek safety riding di JMCS. ”Aktivitas safety riding menunjukkan besarnya tanggung jawab Yamaha terhadap konsumen Indonesia menyeluruh dan Yamaha sangat serius tentang ini. Salah satu poin yang ingin ditekankan adalah maraknya penggunaan earphone saat berkendara juga menjadi hal yang mengganggu. Selain tidak terdengarnya aktivitas di luar, balance rider sendiri bisa terganggu dan merusak konsentrasi,” jelas Indra Dwi Sunda, PR Corporate & Communication Head Yamaha Indonesia.
Sementara, Ketua Umum Forwot Eri Haryoko menyampaikan kegiatan safety riding ini juga merupakan bentuk kepedulian Forwot terhadap keselamatan pengendara motor. ”Selama ini angka kecelakaan tinggi, ini yang memicu Forwot menggelar acara Safety Riding Road Show. Pertama di Tangerang Selatan bulan Juli lalu dan kedua di bulan ini. Kami berharap dengan event seperti ini dapat membantu pengendara motor berperilaku baik di jalan raya sehingga mengurangi kecelakaan dan mendukung keselamat berkendara,” papar Eri.
Safety riding sesuai standar Yamaha mempresentasikan tentang bagaimana mengurangi resiko kecelakaan dengan training pengetahuan safety riding, training meningkatkan teknik berkendara dan memakai pelindung diri. Juga lima poin penting buat pengendara motor tentang perkiraan bahaya, area terlihat dan tidak terlihat, kekuatan tabrakan, riding position dan pengecekan kendaraan.
Training pengetahuan safety riding menjelaskan mengenai strategi berkendara dengan memprediksi bahaya. Pengetahuan yang kurang, kesalahan prediksi dan kesalahan perawatan menjadi bahan ulasan dalam training pengetahuan safety riding. Dalam training meningkatkan teknik berkendara dibahas soal mengurangi bahaya dengan teknik yang benar. Tidak hati-hati, kurangnya teknik berkendara, terlambat sehingga terburu-buru dan naik motor dianggap seperti balapan, adalah kesalahan pengendara yang harus diperbaiki. Dan paling penting juga memakai pelindung diri. Jenis resiko yang menjadi penyebab utama kecelakaan adalah dari prakiraan (sudut tikungan, menyalip, persimpangan, anak-anak, rintangan dan kondisi lalu lintas). Lalu tergantung pada kemampuan pengereman, berbelok, menghindar dan keseimbangan. Bagaimana pikiran pengendara yang ngebut, tengah mabuk, temperamental, naik kendaraan dianggap balapan, egois, etika parkir, tidak memiliki SIM dan tidak menggunakan perlengkapan berkendara.
Lima poin penting dalam safety riding menyangkut area terlihat dan tidak terlihat wajib diperhatikan pengendara dengan baik untuk menghindari kecelakaan. Poin berikutnya kekuatan tabrakan yaitu efek dari tabrakan sehingga ditekankan menggunakan helm. Riding position adalah cara berkendara dengan aman, nyaman dan posisi yang benar.      Dan pengecekan sepeda motor juga penting diperhatikan pengendara, berkaitan dengan bahan bakar, oli, rantai, mesin, rem, kopling, lampu, aki, mur dan baut.