4 Konsumen Jadi Tester Pulsar 200NS di Indonesia
PT Bajaj Auto Indonesia
(BAI) buka-bukaan soal aktifitasnya melakukan pengetesan Bajaj Pulsar
200NS di Indonesia. Rizal Tandju, Event & PR Manager PT BAI
menjelaskan beberapa langkah yang dilakukan pihaknya dalam mempersiapkan
motor sport naked 200 cc ini.
Selain dilakukan pengetesan oleh
pihak internal PT BAI, Pulsar 200NS juga dipinjamkan kepada konsumen.
"Totalnya ada empat motor yang disebar ke beberapa kota," ungkap pria
ramah ini.
"Konsumen kita seleksi yang memiliki mobilitas tinggi.
Kebetulan beberapa yang terpilih adalah rekan dari klub Pulsar,"
lanjutnya. Kota-kota yang dipilih ada Jakarta dan beberapa kota di luar
Jakarta.
"Di Jakarta untuk merasakan keadaan saat macet, sedang
yang luar kota untuk mendapatkan data di jalanan yang relatif lebih
lancar," jelas pria berkaca mata ini. Pengetesan ini sendiri dilakukan
dengan pengawasan langsung dari tim teknis Bajaj Auto India.
Langkah
ini merupakan lanjutan dari pengajuan uji tipe ke Direktorat Industri
Alat Transportasi Darat, Kementerian Perindustrian beberapa waktu lalu.
Sebelum nantinya benar-benar dipasarkan pada akhir tahun 2012.
Di
India produksi Bajaj Pulsar 200 NS baru akan mulai bulan April. Empat
bulan pertama biasanya untuk memenuhi kebutuhan lokal terlebih dahulu.
Baru kemudian untuk pasar luar negeri termasuk Indonesia.
Selain
desain yang benar-benar baru, Bajaj Pulsar terbaru ini punya mesin
anyar. Mengusung teknologi dari KTM Austria, tenaganya diklaim tembus
23,52 PS di 9.500 rpm dan torsinya 18,3 Nm pada 8.000 rpm.
Mesin
yang kabarnya masih mirip dengan KTM Duke 200 ini memiliki satu silinder
berpendingin air. Konstruksi kepala silindernya masih SOHC, dengan
empat klep dengan mekanisme pengoperasian mirip Yamaha V-Ixion. Satu
rocker arm langsung mendorong dua klep sekaligus.
Suplai bahan
bakar yang deras dari karburator UCD 33 mm yang masuk ke ruang bakar
langsung dipantik oleh tiga busi sekaligus. Teknologi tiga busi ini
kabarnya mampu membuat konsumsi bahan bakar Pulsar 200 NS ini lebih
hemat.
Uniknya, desain knalpot pada motor ini juga serupa dengan
KTM Duke 200. Tidak lagi menjulang di samping, tapi kini sembunyi di
kolong. Lebih simpel karena pemandangan jadi tertuju ke desain peleknya
yang menarik sekaligus hugger dan disk brake belakang.
Bajaj
mengklam motor ini memiliki max speed hingga 136 Km/jam. Sedang untuk
akselerasi dari diam hingga 60 km/jam hanya butuh waktu 3,61 detik. Dan
akselerasi 0-100 km/jam bisa diraih dalam 9,83 detik.